-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Medco Beri Pelatihan Pengembangan Hortikultura Bagi Warga Indra Makmur

Friday, 16 April 2021 | April 16, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-16T08:31:37Z
MEDIAAWAI.COM | ACEH TIMUR - Untuk memajukan produktifitas Masyarakat tentang pengembangan Hortikultura di kecamatan Indra Makmur, kabupaten Aceh Timur, PT Medco E&P Malaka menggelar kegiatan pelatihan kepada warga dan petani setempat, Jumat (9/04/2021).

Kegiatan tersebut digelar di Kantor Sekertariat Kelembagaan  BKAD dan UPK Kecamatan Indra Makmur selama tiga hari yang di ikuti oleh puluhan warga dan petani dari 12 Desa di kecamatan Indra Makmur.

Kegiatan ini, PT Medco E&P Malaka juga berkerja sama dengan BKAD dan UPK Indra Makmur, serta juga mendapat dukungan dari penyeluh pertanian dan muspika Indra Makmur.

Selain itu, Medco juga menghadirkan tim ahli dari Aliksa Organic SRI Consultant (AOSC) yang berasa dari Kabupaten Ciamis, provinsi Jawa Barat.

Adapun tujuan mengembangkan hortikultura diantaranya, untuk mengkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil pertanian warga.
Selain itu, juga untuk mengembangkan keanekaragaman usaha pertanian yang menjamin kelestarian fungsi dan manfaat lahan, serta menciptakan lapangan kerja, meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan, meningkatkan kesempatan berusaha dan meningkatkan pendapatan masyarakat maupun daerah. Dan juga tujuannya untuk meningkatkan kesejahtraan, kualitas hidup, kapasitas ekonomi dan sosial masyarakat petani.

Kepala bidang hortikultural, Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Timur, dalam sambutannya, sangat mengapresiasi perusahaan Medco dalam mengembangkan pertanian warga selama ini.

Ia berharap, melalui pelatihan hortikultural ini nantinya para peserta dapat mengembangkan ekonominya sendiri melalui ilmu yang didapatnya.

"Seperti dapat menyambung bibit dan memperbanyak benih tanaman, yang nantinya dapat di pasarkan keluar daerah atau untuk dikembangkan sendiri. Karena bibit yang kita dapatkan di Aceh Timur selama ini banyak didatangkan dari daerah luar" Katanya.

Sementara itu, Camat Indra Makmur melalui Kasi Pemerintahan mengatakan, sangat mengapresiasi kaloborasi pelatihan ini anatar UPK dan Perusahaan Medco, pihaknya berharap nantinya dapat mendongkrak dan menunjang perekonomian warga dan petani khususnya di Indra Makmur.

Selain itu, salah satu peserta, Amiruddin mengatakan, banyak ilmu yang didapatkan selama pelatihan tersebut mulai dari pemilihan tanah maupun ilmu baru tentang pertanian.

 "Selama kami belajar kami bisa tahu cara mengolah Tanaman, karena selama ini kami selalu gagal baik dari hasil panen maupun lainnya dengan adanya bimbingan serta mempraktek langsung kami baru bisa mengetahui cara dalam dunia pertanian, tidak hanya itu saat bimbingan juga diajarkan supaya untuk lebih menggunakan pupuk organik dari pada Pupuk Kimia. " Jelas Amiruddin.

Ia mewakili para peserta mengucapkan terimakasih kepada PT Medco E&P Malaka yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut. Tutupnya saat memberi sambutan mewakili peserta.
×
Berita Terbaru Update