-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Hasil Panen, Petani diminta Terapkan Hilirisasi Inovasi Tekno

Sunday, 1 August 2021 | August 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-02T05:01:33Z

Aceh Timur - Mendukung komoditas padi unggulan di kawasan Kabupaten Provinsi Aceh 2021. Anggota DPR RI melelui Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak petani berinovasi teknologi (Tekno) disektor sawah, upaya tingkatkan komoditas dan nilai jual, Senin (2/8/2021).


"Hilirisasi inovasi teknologi ini, bertujuan mencari varietas baru guna meningkatkan nilai tambah komoditas petani dan menciptakan peluang pasar yang lebih luas dengan nilai jual lebih tinggi," disampaikan Anggota DPR RI Komisi Dapil Aceh II, Muslim, SHI.MM, disapa (BM), sebut Tenaga Ahli DPR RI Musdian Gani, melalui WhatsApp, Senin (2/8/2021).


"Dalam kegiatan tersebut, bapak Muslim berhalangan untuk hadir. Beliau meminta maaf dan salam hormat buat saudara saya di Aceh," ujar Tenaga Ahli Musdian Gani.


Kata dia, hal tersebut dilaksanakan Kementrian Pertanian berupa sosialisasi hilirisasi "Inovasi dan Teknologi Balitbangtan guna mendukung Komoditas padi unggulan di Provinsi Aceh tahun 2021.


"Dalam giat ini, dihadiri sejumlah perwakilan kelompok tani, perwakilan BPP kecamatan (Badan Penyuluh Pertanian) dan Dinas Pertanian Kabupaten, serta BPTP Provinsi Aceh,"sebutnya


Sementara itu, Perwakilan BPTP Aceh Dr. Rahcman Jaya  mengajak para petani melakukan inovasi dan memanfaat kan teknologi pertanian khusus nya di sektor sawah.


"Sehingga petani bisa melihat keadaan lokasi yang cocok untuk mengetahui jenis padi atau benih apa yang cocok untuk ditanam di lokasi tersebut. Dikarena kan tidak semua sawah itu sama kadar zat keasaman tanah nya,"katanya


Dia menambahkan, ditengah pandemi COVID-19, Pemerintah mencanangkan program Pemulihan Ekonomi Nasional dimana penguatan ketahanan pangan menjadi salah satu fokusnya.


"Saya mau, kita bersepakat bersama terkait kegiatan ini, seperti  benihnya apa, teknologi nya yang ingin dilakukan seperti apa dan memutuskan bersama. Sehingga kita bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan bersama," pinta Dr. Rahcman


Untuk itu, Tim Balitbangtan BPTP Provinsi Aceh akan terus melakukan pendampingan kepada petani di kemudian hari.


Dalam giat, Kementan bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk anggota Komisi IV DPR RI, untuk kemajuan komoditas unggulan di tiap tiap daerah. 


"Melalui program aspirasi anggota DPR RI  Bang Muslim Komisi IV, DPR RI dapil Aceh II, Fraksi Partai Demokrat,"sebutnya


Tanpak pantaun, para Kelompok tani menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan kesiapan mereka, dan berterimakasih kepada Bapak Muslim   disapa (BM), yang tidak henti hentinya terus mendukung masyarakat petani dalam segala hal di sektor pertanian.


Untuk dinformasikan  berlangsung di Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang pada 28 Juli 2021. Dan untuk Kabupaten Aceh Timur di Kec. Nurussalam pada 29 Juli 2021. Sementara di Aceh Utara di Kec Kuta Makmur pada  30 juli 2021. Peserta tetap mengikuti Prokes.


Sambung Bang Muslim (BM), berharap semua petani tidak hanya diam dengan kondisi negara kita yang sedang di landa Covid -19 ini. 


"Kita harus berperan aktif untk mencari solusi dan membantu pemerintah untuk mencukupi kebutuhan Pangan Nasional. Salah satu nya kebutuhan pangan yaitu Beras,"pintanya


Lanjutnya dan kita harapkan pandemi covid -19 ini segera pulih supaya semua bisa berjalan dengan semesti nya,"pinta Anggota DPR RI, disapa (BM) Bang Muslim.

×
Berita Terbaru Update