-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BPN Aceh Timur Sosialisasi Aplikasi Pertanahan, Sentuh Tanahku dan Loketku

Thursday, 30 September 2021 | September 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-30T09:16:28Z

Aceh Timur - Dengan meningkatnya tuntutan pelayanan publik yang serba cepat dan transparan, khususnya pada masa Pandemi saat ini. Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional sesuai dengan visi menuju institusi pengelola pertanahan dan tata ruang yang berstandar dunia, sebelumnya telah meluncurkan Aplikasi sentuh Tanahku.

Bertepatan dengan hari Agaria dan Tata Ruang (HANTARU) tanggal 24 september 2021, Kementerian Agraria telah me-lauching Aplikasi Loketku. Aplikasi Loketku ini memudahkan masyarakat dengan fitur antrean online, sehingga jumlah pengguna layanan yang datang langsung ke kantah dapat dikontrol, dan masyarakat dapat memilih waktu dan menyesuaikan dengan waktu senggangnya.

“Ini sebuah improvement yang luar biasa terhadap layanan publik. Dengan aplikasi Loketku,di BPN tidak akan ada lagi antrean yang banyak,” kata Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil dalam peluncuran aplikasi Loketku, Jumat (24/9/2021).

Pada Kesempatan lain, untuk meningkatkan penggunaan aplikasi ini, Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur secara terpisah telah melakukan Sosialisasi Aplikasi Sentuh Tanahku dan Loketku, yang dihadiri oleh Stakeholder terkait, antara lain Wakapolres Aceh Timur, Perwakilan Bupati Aceh Timur dan Dinas Terkait, Kejaksaan Negeri, Seluruh Camat Kabupaten Aceh Timur, PPAT hingga Geuchik.

Aplikasi sentuh tanahku sendiri merupakan aplikasi yang dapat memuat informasi seperti : Menu Cari Berkas, untuk melacak proses berkas yang telah dimohon.

- Menu Lokasi Bidang Tanah, untuk menampilkan informasi bidang tanah yang telah bersertipikat.

Menu Plot Bidang, untuk pemetaan partisipatif oleh pemilik sertipikat, dengan memploting secara mandiri bidang tanah yang sudah terdaftar namun yang belum terpetakan secara digital.


Menu Info Layanan , yang memuat syarat, jangka waktu hingga simulasi biaya layanan pertanahan.Menu Pengumuman, menampilkan informasi permohonan sertipikat yang tengah diproses oleh Kantor Pertanahan.

Menu Sertipikat Hilang, menampilkan informasi permohonan pergantian sertipikat hilang,Menu Loketku, untuk mendaftarkan pelayanan pertanahan secara online, baik permohonan sertipikat pertama kali maupun peralihan hak.

Untuk dapat mengakses keseluruhan menu ini Pemohon harus mendaftar dan memverifikasi KTP terlebih dahulu dengan menggunakan NIK yang telah tervalidasi oleh Disdukcapil Kab/Kota setempat dan akan terverifikasi oleh sistem.

Pada dasarnya Aplikasi Sentuh Tanahku dan Loketku ini menjadi jawaban bagaimana Kantor Pertanahan terus berbenah dan memberikan peningkatan layanan-layanan pertanahan kepada penerima layanan.

Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Timur berperan aktif dalam mengkampanyekan inovasi-inovasi yang telah di lahirkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.
×
Berita Terbaru Update