-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Stop Formalin Pada Ikan, Pemkot Subussalam Gelar Razia Perbatasan Aceh-Sumut

Sunday, 24 October 2021 | October 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T14:35:27Z


Subussalam - Pemkot Subussalam bersama Tim Pengawas Dinas Kelautan Perikanan Aceh yang terdiri dari PPNS perikanan, POLSUS Perikanan, dan UPTD PPMHP DKP Aceh melakukan razia Pengawasan Perbatasan Subulussalam - Sumatera Utara. Kamis (21/10)

Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi Penggunaan Bahan Kimia berbahaya seperti Formalin sebagai pengawet ikan. 

Kabid Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Ir Samsul Kamal mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan hasil perikanan yang sampai ke tangan masyarakat atau konsumen aman dikonsumsi. 

“Kita ingin memastikan masyarakat memperoleh produk perikanan yang sehat,” ujarnya.

ia juga menjelaskan berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dengan ini pemerintah memberikan kemudahan berusaha di bidang kelautan dan perikanan termasuk di sektor pengolahan hasil perikanan. 

Hal tersebut dimaksudkan untuk mendorong iklim investasi yang kondusif di sektor ini.


"Namun demikian, upaya Pengawasan akan diperketat untuk mencegah potensi penyimpangan dan pelanggaran di bidang pengolahan hasil perikanan." jelasnya

Sementara itu, Kasi Pengawas Sumberdaya Perikanan,  Nova Zuhra Abdullah menjelaskan Pengawasan Perbatasan dilakukan dengan mengambil sampel ikan dari mobil pengangkut ikan yang melewati perbatasan. 

“Terhadap sampel ikan yang diambil, dilakukan pengujian laboratorium antara lain (untuk memeriksa kandungan) organoleptik sensori, salmonella, escherichia coli, dan coliform. Adapun pengujian yang dilakukan di lapangan atau lokasi pengambilan sampel adalah pengujian kandungan formalin pada ikan,” jelasnya.

Adapun jenis ikan yang diambil sampelnya yaitu tongkol, tuna, kembung, udang vannamei, cakalang tokok, dan bawal.

“Untuk hasil laboratoriumnya, semua negatif, tidak mengandung formalin,” pungkasnya.
×
Berita Terbaru Update