-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keuchik Rantau Peureulak Kompak Dukung Pemekaran Bandar Khalifah

Wednesday, 17 November 2021 | November 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-17T12:28:11Z

Aceh Timur - Hujan dan cuaca dingin tidak membuat semangat Para Kepala Desa (Keuchik), Tuha Peut Gampong (TPG) dan Imum Mukim (Lembaga Adat) mewakili seluruh lapisan masyarakat berkumpul untuk mendeklarasikan dukungan mereka membentuk Daerah Otonomi Baru (Pemekaran Kabupaten) Bandar Khalifah dari Aceh Timur.
 
Suasana Hangat penuh keakraban terasa di warung kopi Boy Caffe, yang terletak di Gampong Buket Pala Kecamatan Ranto Peureulak.

Acara diskusi yang dipandu Dr. Andika diawali Penyampaian Historis oleh Ketua Relawan Pemekaran Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) dan Sanusi memaparkan terkait teknis dan prosedur pemekaran daerah yang harus ditempuh.

Acara diskusi yang dihadir oleh perwakilan masyarakat dari 23 Gampong yang ada di Kecamatan tersebut terdiri dari Keuchik, Tuha Peut dan Mukim, nampak hangat dalam diskusi yang serius sebelum mereka menyatakan dukungan.

Satu-persatu yang hadir menyatakan dukungan dari masing-masing yang mereka wakili, bukan mendukung tapi peserta menuntut terbentuknya Kabupaten Bandar Khalifah.

Mengutip Salah satu pernyataan dari salah satu peserta, Keuchik Seuneubok Baro Fahrul, menyatakannya, selama ini banyak hambatan dalam pembangunan maupun dibidang lain bahkan sarana jalanpun masih sangat memprihatikan.

"Karena jumlah Desa yang terlalu banyak di Aceh Timur, maka banyak pembangunan kita belum bisa maksimal, jalan aja kita masih belum layak,"Kata Fahrul

Namun kami khawatir apakah nantinya kita yang menuntut pemekaran dianggap melawan pemerintah kabupaten yang sudah ada?" tanyanya

Menanggapi pertanyaan tersebut, Fatah Fikri menyatakan, upaya pemekaran bukanlah bentuk perlawanan terhadap pemerintah Aceh Timur.

"Pemekaran kabupaten sudah diatur dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 dan Bupati kita juga tidak keberatan dengan usulan ini, Kata Fatah Firi yang kerap disapa Bang Tata

"Selain Kecamatan Ranto Peureulak, seluruh Kecamatan juga sudah menyatakan dukungan, kita juga akan turun keseluruh kecamatan yang masuk dalam wilayah pemekaran," lanjutnya.

Sementara itu Ketua Forum Keuchik Ranto Peureulak Iskandar saat diwawancarai mengatakan, Aceh Timur yang terdiri dari 513 desa terlampau luas dan sangat layak dimekarkan agar realisasi pembangunan lebih cepat terealisasi.

"Kami mendukung sepenuhnya Rencana pemekaran bandar Khalifah dengan ikhlas dan tidak ada desakan, karena ini memang yang terbaik untuk Aceh Timur dan Bandar Khalifah kedepannya," kata Iskandar. 

Diakhir acara para peserta menyatakan dukungan dalam bentuk deklarasi dan dokumen dalam bentuk surat dukungan kesiapan bergabung melanjutkannya perjuangan Pemekaran Kabupaten Bandar Khalifah. (BM)
×
Berita Terbaru Update