-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Belajar Sambil Bermain Bersama Siswa/i Paud Kasih Bunda sungai Pauh

Friday, 7 January 2022 | January 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-07T08:07:25Z

Anak-anak di usia 3-5 tahun atau usia paud, biasanya lebih suka bermain. Namun jangan salah, materi pendidikan anak usia dini itu memang diarahkan untuk bermain sambil belajar. Melalui metode bermain sambil belajar ini diharapkan dapat mendukung anak untuk tumbuh serta mandiri dan memiliki kontrol atas lingkungannya.

Melalui bermain pula, anak dapat menemukan hal baru. Mereka bisa bereksplorasi, meniru, dan mempraktikan kehidupan sehari-hari sebagai sebuah langkah dalam membangun ketrampilan seperti bertanggung jawab atas dirinya sendiri, memiliki adab terhadap orang yang lebih tua darinya,dan mengataui doa sehari – hari melalui nyanyi – nyanyian dari gurunya.

Adapun manfaat anak belajar sambil bermain yaitu pengenalan perasaan,pengenalan tentang orang lain seperti teman – teman kelas serta gurunya, pengenalan berbagai gerakan bermanfaat untuk membantu memaksimalkan perkembangan fisik, komunikasi yang berkembang dengan bermain, dapat jadi alat untuk belajar kemampuan berbahasa anak, untuk mengembangkan aspek kognitif anak, Selama bermain.

anak menerima pengalaman baru, memanipulasi bahan dan alat, berinteraksi dengan orang lain dan mulai merasakan dunia mereka.Dengan bermain, tentu dapat jadi sarana menyediakan kerangka kerja anak untuk mengembangkan pemahaman tentang diri mereka sendiri, orang lain, dan lingkungan, pada tanggal 13 desember 2021,di dusun satria gampong sungai pauh, kec.langsa barat,kab.kota langsa) kami ida khairani dan M.rafly Sulthan  mmahasiswa/I program KPM IAIN Langsa berpartisipasi mengikuti kegiatan belajar sambil bermain di paud kasih bunda.

Yang kami lihat, anak – anak murid pada pukul 08.00wib, sudah pada hadir di piaud dengan wajah yang ceria, mereka di antar oleh orang tuanya, ada yang di antar ibunya atau pun ayahnya, Kegiatan pagi anak – anak murid paud, melakukan senam pagi dengan ceria bersama ibu gurunya.

Setelah senam, sebelum masuk kelas anak – anak berbaris dengan rapi untuk masuk kelas dan menyalami guru – gurunya, dengan wajah ceria guru menyambut dengan senang hati.

Dalam proses pembelajaran anak – anak untuk memulai belajar tak lupa mereka membaca doa belajar, di lanjutkan dengan nyanyian – nyanyia doa – doa sehari – hari seperti doa – doa orang tua, doa bangun tidur, doa dalam perjalanan, doa makan, dan masi banyak lagi doa – doa yang di nyanyikan bersama gurunya.

Setelah selesai bernyanyi – nyanyi anak murid di ajak belajar mengenal huruf, angka dan huruf hijauyah, sambilan juga mengenalkan anak bahasa yaitu bahasa arab dan bahasa inggris. Setelah pengenalan huruf selesai anak – anak di ajak berhitung dengan guru menuliskan penjumlahan di papan tulis. Kami yang ikut serta dalam kegiatan belajar sambil bermain ini membantu adik – adik piaud untuk menghitung perjumlahan tersebut .

Habisnya kegiatan belajar sambil bermain bersama anak murid, guru mengarahkan anak – anak untuk mangambil bekal mereka masing – masing untuk makan bersama, hal ini sangat menyenangkan menurut kami, terlihat canda tawa anak – anak bersama gurunya, terlihat kebersamaan antar murid dengan murid,murid dengan guru.

Tak terasa jam menunjukkan pukul 10.00 WIB, waktunya para murid – murid kembali pulang kerumah masing dengan di jemput orang tuanya, sebelum pulang guru mengajar kembali anak murid bernyanyi, nyanyian – nyian itu menandakan waktunya pulang.

Kami Ida Khairani dan M.rafly Sulthan  mmahasiswa/I program KPM IAIN Langsa, merasa senang bisa berpartisipasi mengikuti kegiatan belajar sambil bermain di paud KASIH BUNDA.(Gampong sungai pauh, dusun satria).

Penulis: Ida Khairani ( Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Langsa)

M.Rafly Sulthan ( Mahasiswa Fakultas Syariah / Prodi Hukum Tata Negara - Institut Agama Islam Negeri Langsa )
×
Berita Terbaru Update