-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Ternak Lembu Dan Kambing Bersistem Bagi Hasil Di Dusun Gelugur, Desa Paya Tampah

Wednesday, 12 January 2022 | January 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-12T09:09:55Z

Dusun gelugulur adalah salah satu dusun yang ada digampong Paya tampah. Paya Tampah merupakan gampong yang terletak di Kecematan Karang Baru, Kabupaten  Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia. Jarak tempuh untuk menuju ke Dusun Gelugur lumayan jauh dapat menempuh sekitar 1 jam, walaupun bergitu jalan untuk menuju kesana sudah di aspal, jika jalandari lorong Desa Paya tenggar,Kecamatan Manyak Pahit, Kabupaten Aceh Tamiang. Masyarakat disini moyaritas suku jawa, ada juga suku batak mandailing, dan tamiang.

Profesi masyarakat di sini adalah petani, walaupun ada juga yang pegawai tetapi bisa dihitung. Penghasilan dan pendapatan yang hanya didapatkan dari hasil kebun sawit dan pohon karet, yang membuat sebagian warga berkerja sampingan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak semua warga disini miliki perkebunan sendiri, adanya juga memilih berkerja dikebun orang demi kelangsungan hidupnya.

 Kata “ ternak” sudah tidak asik lagi ditelinga kita maupun masyarakat. ternak adalah hewan peliharaan yang produksinya sebagai penghasilan pangan, bahan baku industri, atau hasil ikutannya yang terkaitan dengan pertanian.Perternakan sudah tidak jarang lagi kita jumpai baik di perdesaaan maupun perkotaan, ada berbagai jenis hewan yang bisa ternak.

Ada empat hewan yang di ternak disini yaitu ; ayam, bebek, kambing dan lembu. Kebanyakan warga disini berternak kaming dan lembu, dan ada juga yang bertenak kambing dan ayam atau lembu dan bebek tetapi tidak semua warga betenak dua jenis hewan. Untuk memulai suatu usaha ternak bukan hal yang mudah bagi seseorang yang baru memulai usaha ternak tersebut, harus adanya tekat dan planning yang matang.

Warga disini tidak semuanya memiliki hewan ternak miliki sendiri, adanya yang mengurus hewan miliki orang lain. Sistem pembagian hasil juga berbeda-beda tergantung perjanjian yang dilakukan saat akad.  Bagi hasil hewan adalah sistem pemeliharan ternaknya kepada pengolola hewan ternak dengan imbalan bagi hasil. Pembagian hasil di dalam perjanjian yaitu; pertama jika hewan ternak (betina) maka  anak pertama yang dilahirkan menjadi milik pemeliharan, kedua jika hewan ternak (jantan) dipeliharan oleh pemeliharan dari kecil hingga besar maka keuntunganya dibagi dua saat dijual.

Salah satu warga mengatakan : “ saya mengurus kambing punya saudara saya, sistem berbagainya anak pertama yang di lahirkan menjadi miliki saya, alhamdulilah selama 2 tahun lebih saya memihara kambing saya bisa beli lembu “.

Nah, jika suatu usaha yang diawali dari nol, dan menjalani dengan pernuh kesabaran. Hal hasil nyeri paya akan berbuah manis.

 

Penulisa           : Tio Annisa Siagian (Mahasiswa KPM IAIN Langsa)


×
Berita Terbaru Update